Beranda > Dasar-Dasa Pengetahuan Islam > Hukum-Hukum yang Ada Dalam Alquran/Al-Quran Agama Islam Muslim – Jinayat, Mualamat/Mu’amalat, Munakahat, Faraidh dan Jihad

Hukum-Hukum yang Ada Dalam Alquran/Al-Quran Agama Islam Muslim – Jinayat, Mualamat/Mu’amalat, Munakahat, Faraidh dan Jihad

Di Dalam kitab suci Alqur’an / Al-Qur’an terdapat hukum-hukum yang bertujuan untuk mengatur kehidupan umat manusia untuk dapat hidup bahagia, tentram, makmur, sejahtera dan lain-lain.

1. Jinayat
JInayat adalah segala macam dan jenis peraturan yang berhubungan dengan tindak kriminal / kriminalitas dalam kehidupan keseharian manusia seperti mencuri, memfitnah, berzina, membunuh, dan lain sebagainya.

2. Muamalat / Mu’amalat
Mu’amalat adalah hukum yang berisi peraturan perdata dalam masyarakat yakni syarikat, jual beli, pinjam meminjam, qiradh, ijarah, dan lain-lain.

3. Munakahat
Munakahat adalah peraturan-peraturan yang mengatur masalah pernikahan /nikah / perkawinan / kawin seperti mas kawin, talak / thalaq / perceraian, rujuk, muhrim, dan lain sebagainya.

4. Faraidh
Faraidh adalah peraturan undang-undang yang mengatur pembagian harta pusaka

5. Jihad
Jihad adalah segala bentuk aturan yang mengatur mengenai permasalahan perang, misalnya seperti harta rampasan perang, tawanan perang, dan lain sebagainya.

  1. 29 November 2009 pukul 20:18

    Sebagai tambahan aja bahwa dalam kita bermasyarakat (indonesia) ada yang namanya hukum adat dan hukum kepatutan. Nah, bagaimana dengan hal tersebut?

    • 29 November 2009 pukul 20:23

      Trim’s komennya
      Ya, memang ada hukum adat dan ada juga hukum kepatuhan, insya allah akan sy bahas dalam bab tauhid. Trim’s

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: